Manfaat Mengkonsumsi Sayuran

manfat makan sayurManfaat Mengkonsumsi Sayuran - Secara umum sayuran banyak kita temukan di warung makan atau restoran favorit kita. Sangat bagus sekali jika kita menggemari makanan yang satu ini. Sebagai aturan umum, Anda harus berusaha untuk mengkonsumsi setidaknya tiga porsi sayuran setiap hari (makan sehat 3x sehari), dan itu termasuk sayuran hijau. Tetapi sayuran sudah siap konsumsi dan dengan cara yang sehat dalam mengolahnya termasuk sayuran hijau dan seperti sayuran segar lainnya. Sayur adalah tambahan yang bagus untuk pola hidup sehat  dan menawarkan manfaat kebugaran yang tak terhitung jumlahnya hanya dengan mengkonsumsi sayuran.

konsumsi sayuran hijau juga kaya akan vitamin, mineral, dan melawan penyebab penyakit. Sayur kaya akan serat, nutrisi penting untuk yang sedang menjalankan diet dan memelihara daya tahan tubuh karena sayur membuat kita merasa kenyang dan membantu mengontrol rasa lapar. Serat dalam sayur juga dapat pula menurunkan kolesterol dan tekanan darah sama seperti manfaat mengkonsumsi buah yang sudah dibahas sebelumnya. Sayuran turut serta membantu untuk menstabilkan gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah setelah makan. Hal ini akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes (kencing manis). Mengkonsumsi sayuran hijau juga mengandung banyak air, yang membantu menjaga dari dehidrasi (kekurangn cairan dalam tubuh) dan memberikan kontribusi untuk membuat kulit serta rambut kita sehat.

Tidak hanya mengkonsumsi sayuran hijau saja yang bermanfaat. beberapa sayuran yang kadar klorofilnya rendah, Seperti sawi putih dan kubis, sangat kaya akan kandungan kalsium, Yang bermanfaat untuk menjaga gigi dan tulang menjadi kuat dan mengurangi risiko terhadap terkena osteoporosis. Kalsium juga berkontribusi terhadap fungsi otot dan kestabilan tekanan darah. Sayuran juga mengandung potasium, yang selanjutnya melindungi terhadap gejala osteoporosis dan membantu mengelola kadar tekanan darah.

Manfaat selanjutnya dengan mengkonsumsi banyak sayur adalah kita akan mendapatkan segudang Antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan Vitamin B yang terkandung didalamnya. Fungsi zat tersebut pada sayuran hijau dapat membantu mengurangi risiko katarak dan penuaan. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen adalah komponen utama dari tulang rawan yang membantu dalam fleksibilitas sendi, dapat mengurangi risiko pengeroposan, dan menjaga kulit sehat dan rambut yang indah. Penelitian menunjukkan vitamin C dapat mengurangi risiko pengeroposan pada tulang.

Sayuran hijau yang mengandung beta-karoten, seperti kangkung, bayam, dan daun singkong, Zat ini berperan terhadap pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Beta-karoten juga dapat melindungi kulit terhadap kerusakan yang akibatkan sinar matahari yang sekarang ini sudah tidak sehat. Didalam tubuh Beta-karoten diubah menjadi vitamin A, Dan makanan sumber makanan bergizi dan beta-karoten adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin A. Tetapi mengkonsumsi sayur bervitamin A berlebih juga tidak baik karena kebanyakan mensuplay vitamin A dalam asupan dapat menjadi racun dan menyebabkan gangguan pada tulang, hati, dan saraf. Makanan sayur sumber beta-karoten dengan porsi yang sesuai sepenuhnya aman,  Karena tubuh masih dapat mengatur berapa banyak beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Sayuran merupakan sumber asam folat yang sangat baik, asam folat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pikun. Karena folat berkontribusi terhadap produksi serotonin, yang fungsinya membantu menghindarkan kondisi tubuh dari depresi dan memperbaiki suasana hati atau mood kita.

Vitamin E yang terdapat pada sayuran berdaun hijau juga bekerja dengan vitamin C untuk menjaga kulit sehat seperti usia sewajarnya katalainnya tidak terlihat tua pada usia muda. :) Vitamin ini juga membantu melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang merusak dan dapat membantu mengurangi risiko katarak serta pengeriputan.

Jadi jika kalian ingin mengkonsumsi sayuran mengkonsumsi sayur.hendaknya olahlah dengan timing yang tepat agar tidak kehilangan banyak zat penting dalam sayur. Mengolah sayuran menjadi berbagai hidangan juga penting untuk mencegah kita bosan. Selanjutnya akan kita bahas manfat sayur yang lebih spesifik.


sumber : dari berbagai sumber dan wikipedia.
0 Komentar untuk "Manfaat Mengkonsumsi Sayuran"

 
Copyright © 2014 sayurbuahku - All Rights Reserved
Template By Catatan Info